Sabtu, 13 Desember 2014

Bekas Bangunan Irigasi Menyebabkan Tanah Amblas di Wonosobo

Tanah Amblas di Wonosobo




Wonosobo- Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Wonosobo, menyebabkan tanah ambles di Kampung Bumi Godean Jalan Tumenggung Jogonegoro atau Jalan Raya Banyumas Wonosobo, Kamis (11/12/2014). Akibatnya bangunan Warung Soto Broto yang ada di atasnya ambrol secara tiba-tiba dan nyaris hancur terkubur.  Bencana alam tanah ambles terus meluas.   kini merembet ke bangunan bertingkat Kantor BMT Marhamah yang ada di sebelahnya.

Bupati Wonosobo H A Kholiq Arif didampingi Kepala Kantor Kesatusan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Wonosobo Drs Hadi Soesilo ketika meninjau sejumlah lokasi longsor, mengatakan sedikitnya ada 4 musibah tanah longsor yang cukup besar dan tengah menjadi perhatian serius. Seperti amblesnya tanah di sisi timur Jalan Tumenggung Jogonegoro yang menyebabkan satu bangunan warung soto ambles. Bahkan sebelumnya tidak jauh dari lokasi juga terjadi tanah ambles melingkar berdiameter 6 meter yang sempat mengubur mobil yang terparkir di atasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonosobo Supriyanto, mengatakan amblesnya tanah di Jalan Tumenggung Jogonegoro disebabkan adanya bekas bangunan irigasi di bawahanya yang dibangun sekitar 1990-1995. Bangunan irigasi tersebut kemudian ditutup atau diurug tanah dan dimanfaatkan sebagai pemukiman warga sampai sekarang. “Mungkin proses pengurukan tanah kurang sempurnya, sehingga memicu tanah ambles. Tapi kami juga tengah mencari dan mengkaji kemungkinan disebabkan faktor lain,” ujarnya. (Art)


Sumber : KrJogja.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar